Journal on Education
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Education: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo

Muhammad Bashor (Universitas Sunan Giri)
Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi (Universitas Sunan Giri)
Didit Darmawan (Universitas Sunan Giri)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memainkan peran penting dalam meningkatkan motivasi dan antusiasme guru dalam melaksanakan tugas mereka. Kepala sekolah yang efektif dapat memotivasi dan membimbing pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan melalui gaya kepemimpinan yang inspiratif, memberi contoh yang baik, menawarkan arahan dan dukungan yang membantu, serta menciptakan iklim sekolah yang positif. Kepemimpinan yang mampu menginspirasi, memotivasi, memberikan tanggung jawab, dan menetapkan standar tinggi sangat penting untuk kinerja guru dan sekolah. Selain itu, temuan penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa dipengaruhi oleh profesionalisme guru di kelas. Guru yang profesional dan memiliki keahlian dalam bidang pelajaran, pendekatan inovatif terhadap pengajaran, serta komitmen terhadap etika mengajar, memberikan dampak positif pada siswa. Guru yang berkomitmen terhadap pertumbuhan intelektual dan pribadi siswa mampu membuat rencana pembelajaran yang kreatif dan menarik. Untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme, guru perlu terlibat dalam pengembangan profesional berkelanjutan. Lingkungan kerja yang positif dan mendukung, termasuk fasilitas yang memadai, hubungan baik antar karyawan, dan dukungan administratif, juga memiliki dampak signifikan terhadap efektivitas guru di kelas. Guru yang merasa dihargai dan didukung di tempat kerja akan lebih bersemangat dan produktif dalam melaksanakan tanggung jawab mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...