JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Materi Sistem Reproduksi Manusia

Isnawati, Iim (Unknown)
Anfa, Qurrotul (Unknown)
Rohmani, Lucky Amatur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan supaya dapat menyelesaikan masalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX SMP pada materi sistem reproduksi manusia. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS materi sistem reproduksi manusia. Penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes 20 soal pilihan ganda berbasis HOTS. Teknik analisis data menggunakan skoring soal two tier multiple choice. Populasi dalam penelitian ini siswa di SMPN Sekecamatan Maospati. Sampel penelitian menggunakan 177 siswa, yang terdiri dari 60 siswa SMPN Negeri 1 Maospati, 57 siswa SMPN 2 Maospati, dan 60 siswa SMPN 3 Maospati. Pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling. hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal berbasis HOTS kelas IX SMPN yang ada di Kecamatan Maospati berkategori tinggi dengan presentase 11%, berkategori cukup dengan presentase 23%, dan berkategori rendah dengan presentase sebesar 71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS masih rendah. Angket Kuesioner pernyataan sikap siswa dalam berpikir kritis yang digunakan sebagai data pendukung penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...