JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Persepsi Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Hasil Eksplorasi Perasaan Mahasiswa

Baharuddin, Baharuddin (Unknown)
Sahid Sahid (Unknown)
Rosidah Rosidah (Unknown)
Baharuddin Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini memuat implementasi program merdeka belajar kampus merdeka yang masih memerlukan evaluasi sebagai bahan perbaikan terhadap kendala yang ditemukan pada pelaksanaannya sehingga penelitian ini memiliki tujuan penyelidikan pada pelaksanaan merdeka belajar kampus merdeka dari segi persepsi mahasiswa program studi pendidikan matematika UNM. Pada penelitian digunakan deskriptif kuantitatif dengan instrumen kuesioner yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Sampel yang dipilih yaitu mahasiswa berjumlah 84 dari semester IV dan VI program studi pendidikan matematika yang telah dipilih dengan teknik purposive berdasarkan keikutsertaannya dalam program merdeka belajar kampus merdeka. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Instrumen penelitian berupa lembar angket tertutup yang terdiri dari 4 pilihan jawaban yaitu sangat sesuai, sesuai, tidak sesuai, dan sangat tidak sesuai. Data hasil penelitian yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini memuat temuan yaitu persepsi mahasiswa program studi pendidikan matematika pada pelaksanaan program MBKM telah terlaksana dengan baik. Meskipun memiliki kendala, namun pada penerapannya masih terus dilakukan evaluasi terhadap perbaikan pelaksanaan program MBKM selanjutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...