Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Keaktifan, Kemandirian, dan Kerja Kelompok Siswa terhadap Project Based Learning pada Mata Pelajaran Akuntansi

Freska Indriana Permatasari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Moh. Chairil Asmawan (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa, kemandirian dan kerja kelompok terhadap Project Based Learning pada mata pelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dan deskriptif. Pada jenis penelitian ini digunakan seluruh siswa AKL kelas XI SMKN 1 Banyudono. Metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh, jumlah siswa dalam kelas tersebut berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi berganda, uji F, dan uji t. Uji hipotesis menunjukkan bahwa uji-t memberikan nilai signifikansi sebesar 0,022 untuk keaktifan siswa, 0,029 untuk kemandirian siswa, dan 0,000 untuk kerja kelompok siswa. Sedangkan hasil uji F menunjukkan tingkat signifikansi yaitu 0,000. Hal ini menunjukkan bahwasanya keaktifan, kemandirian dan kerja kelompok siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelajaran proyek pada mata pelajaran akuntansi secara bersamaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...