Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Kuasi Eksperimen Pada Materi Koperasi di Kelas X IPS di SMAN 30 Kabupaten Tangerang)

Wahyu Mustajab (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nani Sutarni (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS di SMAN 30 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan melibatkan tiga kelas eksperimen yang masing-masing menerapkan metode PBL, Discovery Learning, dan Problem Solving. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PBL dan Problem Solving memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode ceramah yang lebih tradisional. Data dikumpulkan melalui tes berpikir kritis, angket siswa, dan wawancara guru. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode PBL dan Problem Solving memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Penelitian ini menyarankan penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ekonomi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...