Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Implementasi Kebijakan Pendidikan Nasional tentang Moderasi Agama di Sekolah Islam

Irvan Destian (STIT At Taqwa Ciparay Bandung)
Ahmad Hadis Zenal Mutaqin (MAN 2 Cianjur)
Mahmud (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Mohamad Erihadiana (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pendidikan nasional tentang moderasi agama di sekolah Islam di Indonesia. Kebijakan ini bertujuan untuk membentuk generasi yang toleran, inklusif, dan menghargai keberagaman. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan library research dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur terkini. Teknik pengumpulan data yang digunakan studi dokumen, analisis literatur dan kajian komparatif kemudian data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode analisis konten (content analysis), yaitu teknik analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi pola, tema, dan makna dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan moderasi agama menghadapi berbagai tantangan, termasuk resistensi dari kelompok konservatif, kurangnya pemahaman di kalangan pendidik dan masyarakat, serta keterbatasan sumber daya. Meskipun demikian, terdapat sejumlah keberhasilan yang signifikan, seperti peningkatan sikap toleransi di kalangan siswa, penguatan nilai-nilai kemanusiaan, peningkatan kompetensi guru, dan pengurangan insiden intoleransi. Dampak positif lainnya mencakup peningkatan iklim sekolah dan prestasi akademik siswa. Untuk mencapai keberhasilan yang lebih luas, diperlukan upaya berkelanjutan dalam mengatasi tantangan, memperkuat dukungan dari berbagai pihak, serta melakukan evaluasi dan perbaikan program secara berkala. Implementasi kebijakan ini memiliki potensi besar untuk membentuk masyarakat yang lebih harmonis dan damai melalui pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai moderasi agama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...