Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Pengaruh Model Hermeneutik Dilthey dan Minat Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Makna Autentik Pada Pembelajaran PPKN

Indah Wulan Sari (Universitas Negeri Medan)
Yakobus Ndona (Universitas Negeri Medan)
Adi Sutopo (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model hermeneutik dilthey lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri terhadap pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn. (2) pengaruh minat belajar yang tinggi akan lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar rendah terhadap pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn. (3) interaksi antara model hermeneutik dilthey dan minat belajar dalam mempengaruhi pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun pelajaran 2023/2024 yaitu kelas VII-A dan Kelas VII- B dengan jumlah siswa 50 orang. Penelitian ini berjenis eksperimen semu (quasi experiment). Analisis data menggunakan bantuan program IBM SPSS Versi 25 for windows. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, test, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model hermeneutik dilthey lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri terhadap pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn; (2) Terdapat pengaruh minat belajar yang tinggi akan lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar rendah terhadap pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn; (3) Terdapat interaksi antara model hermeneutik dilhey dan minat belajar dalam mempengaruhi pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...