Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penerimaan peserta didik baru di Madrasah Tsanawiyah Al Jauhar Gunungkidul baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, monitoring-evaluasi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif analitis dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penerimaan peserta didik baru menunjukkan hasil yang positif. Melalui perencanaan yang baik, pelaksanaan yang tertata dengan baik serta monitoring dan evaluasi yang berjalan optimal berdampak pada stabilnya jumah pendaftar. Faktor pendukung seperti sistem yang baik, kolaborasi tim serta jaringan alumni menjadi penting dalam menjada stabilitas pendaftar. Adapun faktor penghambat seperti persepsi negatif masyarakat, sarana yang terbatas, perubahan lingkungan serta pemberitaan negatif perlu dibackup agar segera teratasi dan tidak mempengaruhi animo pendaftar di MTs Al Jauhar
Copyrights © 2024