Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di Madrasah Tsanawiyah Al Jauhar Gunungkidul

Purwoto (UIN Raden Mas Said Surakarta)
Giyoto (UIN Raden Mas Said Surakarta)
Islah (Universitas Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penerimaan peserta didik baru di Madrasah Tsanawiyah Al Jauhar Gunungkidul baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, monitoring-evaluasi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif analitis dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penerimaan peserta didik baru menunjukkan hasil yang positif. Melalui perencanaan yang baik, pelaksanaan yang tertata dengan baik serta monitoring dan evaluasi yang berjalan optimal berdampak pada stabilnya jumah pendaftar. Faktor pendukung seperti sistem yang baik, kolaborasi tim serta jaringan alumni menjadi penting dalam menjada stabilitas pendaftar. Adapun faktor penghambat seperti persepsi negatif masyarakat, sarana yang terbatas, perubahan lingkungan serta pemberitaan negatif perlu dibackup agar segera teratasi dan tidak mempengaruhi animo pendaftar di MTs Al Jauhar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...