Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konsultasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MAN Karo. Penelitian ini menggunakan desain one-group pre-test post-test design, dengan bantuan T-Test sebagai alat analisis statistik dan skala motivasi yang telah disetujui untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, motivasi belajar siswa diukur sebelum dan sesudah diberikan layanan konsultasi. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah mengikuti posttest dibandingkan dengan hasil pretest. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa layanan konsultasi berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada siswa kelas XI IPS 3 MAN Karo. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan konsultasi mempengaruhi motivasi belajar secara positif dan memainkan peran signifikan dalam mendorong siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa intervensi berupa layanan konsultasi efektif dalam memotivasi siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.
Copyrights © 2024