Kampung Nopia, yang dikenal sebagai penghasil oleh-oleh khas Banyumas, memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata. Namun, metode pemasaran yang masih konvensional menjadi kendala dalam mengembangkan potensi tersebut. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digital marketing para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kampung Nopia melalui pelatihan pembuatan dan pengelolaan website. Program ini mencakup serangkaian tahapan, mulai dari persiapan, pengkajian, perancangan program, pelatihan, hingga evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan paguyuban UMKM, tahap pengkajian dilakukan dengan observasi dan wawancara, dilanjutkan dengan tahap perancangan program untuk pembuatan website company profile Kampung Wisata Nopia. Setelah blueprint perancangan selesai, dilanjutkan ke tahap pembangunan program, untuk selanjutnya dilakukan pelatihan kepada para pengguna. Tahap terakhir yaitu evaluasi program dilakukan untuk mengukur keberhasilan program. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menggunakan teknologi digital, yang tercermin dari peningkatan nilai pretest dan posttest. Selain itu, terbangunnya website resmi Kampung Wisata Nopia memberikan dampak positif dalam memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan daya saing produk nopia. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memperkuat ekonomi lokal melalui optimalisasi teknologi digital. Untuk keberlanjutan dan kesuksesan jangka panjang, komunitas Kampung Wisata Nopia disarankan untuk terus mengembangkan keterampilan dalam teknologi digital guna mengikuti tren pemasaran online yang terus berkembang. Selain itu, menjalin kemitraan dengan pihak eksternal, seperti influencer dan agen pariwisata, dapat meningkatkan eksposur Kampung Wisata Nopia sebagai destinasi wisata.
Copyrights © 2024