Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 1 No. 4 (2024): AGUSTUS-OKTOBER 2024

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Pendekatan Matematika Realistik dalam Pembelajaran Matematika

Julaeha, Siti (Unknown)
Nasution, Sumiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan, model TAI terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, keterlibatan aktif mereka dalam proses belajar, serta kemampuan bekerja sama dalam tim. Pendekatan Matematika Realistik menambah relevansi pembelajaran dengan mengaitkan konsep matematika pada konteks kehidupan nyata, sehingga lebih mudah dipahami dan diaplikasikan oleh siswa. Meskipun demikian, keberhasilan implementasi model ini sangat bergantung pada kesiapan guru, penyesuaian kurikulum, dan ketersediaan sumber daya. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa model TAI dengan pendekatan Matematika Realistik merupakan strategi pembelajaran yang efektif dan dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...