Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

MEMBANGUN KARAKTER MELALUI LITERASI BUDAYA DAN KEBANGSAAN PADA PESERTA DIDIK SDN SIWALAN

Imtiyas, Jilan Hanun (Unknown)
Suyoto (Unknown)
Sutarman (Unknown)
Huda, Choirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2024

Abstract

Pembentukan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar merupakan bagian integral dari pendidikan yang menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan literasi budaya dan kebangsaan dalam membangun karakter pada peserta didik SDN Siwalan. Literasi budaya dan kebangsaan diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan sikap dan nilai-nilai positif pada anak-anak, termasuk rasa cinta tanah air, penghargaan terhadap budaya lokal, dan kesadaran sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi budaya dan kebangsaan secara konsisten dalam kegiatan belajar mengajar mampu meningkatkan pemahaman peserta didik tentang identitas budaya dan nasional serta memperkuat karakter mereka. Penelitian ini menyarankan perlunya integrasi lebih lanjut dari literasi budaya dan kebangsaan dalam kurikulum sekolah dasar untuk mendukung pembentukan karakter yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...