Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024 In Build

PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK APLIKASI MATH GAMES ELEKTRONIK DI KELAS 5 SDI UTASEKO

Yanuarius Sebastianus Lobo (Unknown)
Kaka, Pelipus Wungo (Unknown)
Dimas Qondias (Unknown)
Yohanes Vianey Sayangan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan media elektronik aplikasi math games elektronik di kelas 5 SDI Utaseko. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Utaseko yang berjumlah 22 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan numerasi dengan menggunakan aplikasi math games. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran numerasi dengan menggunakan media pembelajaran elektronik math games dapat meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa kelas V SDI Utaseko. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan numerasi siswa pada saat pra siklus diperoleh nilai rata—rata 32,27 dan berada pada kategori kurang. Setelah diterapkan media elektronik apliaksi math games terjadinya peningkatan rata-rata pada siklus I ke siklus II sebesar 35,18 dan secara klasikal terjadi peningkatan sebaesar 45%. Sementra pada siklus II, terjadi peningkatan yang siginfikan dengan nilai rata-rata sebesar 80 berada pada katori baik dan secara klasikal terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke Siklus II sebsesar 55%. Dengan demikian, tindakan yang dilakukan selama dua siklus ini dinilai efektif dan meningkatkan kemampuan numerasi matematika pada siswa kelas V SDI Utaseko.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...