Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024 In Build

PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN THE CARDINAL TREE SISWA KELAS II SD N SUKOSARI 01 KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

Susanti, Ita (Unknown)
Purwandari (Unknown)
Yuni Astutik (Unknown)
Febriana Puspitasari (Unknown)
Atik Sulistiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan numerasi dengan menggunakan media The Cardinal Tree kelas II SD N Sukosari 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II. Objek penelitian adalah kemampuan numerasi dalam menentukan nilai tempat bilangan. Metode analisis adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil tes essay pada tahap awal, ada beberapa permasalahan antara lain beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami nilai tempat bilangan dan mereka suka media pembelajaran pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media The Cardinal Tree dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas II. Hasil ketuntasan klasikal dan rata-rata kemampuan numerasi pada pre test terdapat 2 siswa dengan kriteria sangat baik sebesar 25%, 4 siswa dengan kriteria baik sebesar 50%, dan 2 siswa dengan kriteria cukup baik sebesar 25%. Sedangakan pada rata-rata kemampuan numerasi sebesar 71,25. Pada siklus I, ketuntasan klasikal terdapat 5 siswa dengan kriteria sangat baik sebesar 62,5%, 2 siswa dengan kriteria baik sebesar 25%, dan 1 siswa dengan kriteria cukup baik sebesar 12,5%. Sedangakan pada rata-rata kemampuan numerasinya sebesar 79,39. Hasil rata-rata kemampuan numerasi dari tahap pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,13. Pada siklus II, ketuntasan klasikal terdapat 8 siswa dengan kriteria sangat baik sebesar 100% dan skor rata-rata kemampuan numerasi sebesar 88,75. Hasil rata-rata kemampuan numerasi dari siklus I ke siklus II sebesar 9,37.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...