Eksplorasi ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pemeblajaran Pronlem Based Learning berbantuan media mind mapping pada mata pelajaran IPA. Eksplorasi ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam kegiatan Prasiklus, Siklus I dan Siklus II yang terdiri dari 26 siswa. Hasil belajar kognitif terlihat dari hasil pretest dan posttest yang terdiri dari 15 soal berupa pilihan ganda, dari hasil prasiklus diperoleh nilai rata-rata 46.53 dengan ketuntasan sebesar 27% dan tidak tuntas 73%. Hasil siklus I pada pretest diperoleh nilai rata-rata 52.30 dengan ketuntasan 50% dan tidak tuntas 50% sedangkan pada posttest nilai rata-rata diperoleh 61.15 dengan ketuntasan 69% dan tidak tuntas 31%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata pada pretest 62.30 dengan ketuntsan 81% dan tidak tuntas 19% sedangkan pada posttest diperoleh nilai rata-rata 79.61 dengan ketuntasan 92% dan tidak tuntas 8%. Hasil motivasi belajar siklus I dengan kategori tinggi 38% sedang 62% dan rendah 0%, pada siklus II dengan ketegori tinggi 96%, sedang 4% dan rendah 0%. Dapat menyimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping dapat menaikkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IX pada materi sistem reproduksi pada manusia.
Copyrights © 2024