Generasi Z memiliki sifat dan karakteristik yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi ini dilabeli sebagai generasi yang minim batasan (boundary-less generation). Ryan Jenkins (2017) dalam artikelnya berjudul “Four Reasons Generation Z will be the Most Different Generation” misalnya menyatakan bahwa Generasi Z memiliki harapan, preferensi, dan perspektif kerja yang berbeda serta dinilai menantang bagi organisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan hasil kegiatan PKM Dosen dalam Implementasi PKM Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMAS Melati Hamparan Perak Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Generasi Z.. Nilai rerata prestasi belajar siswa mencapai 69,35 masih berada di bawah nilai KKM=70. Demikian pula ketuntasan secara klasikal baru mencapai 80,94% masih berada di bawah target 85%. Oleh karena itu, penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Setelah diimplementasikan model PBL yang telah disempurnakan sesuai dengan hasil refleksi siklus I, hasil yang dicapai pada siklus II meningkat dibandingkan dengan siklus I. nilai rerata prestasi belajar bahasa Inggris siswa mencapai 72,85 dan ketuntasan secara klasikal juga meningkat mencapai 89,57%. Bila dibandingkan dengan kriteria keberhasilan penelitian, maka hasil yang dicapai dalam siklus II sudah melampaui target, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berhasil meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa XII IPS-2 SMAS Melati Hamparan Perak semester 1 tahun pelajaran 2023/2024
Copyrights © 2024