Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimental. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Pretest and Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Cluster Random Sampling yang berjumlah 60 siswa. Tes yang digunakan berupa Pretest dan Posttest untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung = 12,119, adapun ttabel = 1,697 (α = 0,05), maka thitung ttabel. Berdasarkan jumlah pretest kelas eksperimen yaitu 939 dengan mean 31,3 dan jumlah pretest kelas kontrol yaitu 909 dengan mean 30,3. Kemudian berdasarkan jumlah posttest pada kelas eksperimen sebanyak 2.290 dengan mean 76,53 dan jumlah skor posttest pada kelas kontrol sebanyak 1.303 dengan mean 43,43. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem pencernaan manusia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024