Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 2 (2024)

Sekolah Tanggap Bencana: Mitigasi Bencana Berbasis Project Base Learning pada Sekolah Dasar di Kecamatan Pakuhaji, Banten

Sari, Yessy Yanita (Unknown)
Fajar Islam, Azizah (Unknown)
Adiputra, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Background: Kecamatan Paku Haji merupakan kecamatan di Kabupaten Tangerang sebagai lokasi yang berada di daerah pesisir. Kecamatan Paku Haji memiliki berbagai ancaman bencana alam dan dampak bencana semakin besar akibat kemiskinan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa dengan bekerjasama dengan Kelompok Kegiatan kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Pakuhaji. Metode: Kegiatan terdiri dari beberapa rangkaian, diantaranya seminar, workshop berbasis project base learning untuk membuat media ajar yang menarik untuk siswa, pendampingan dan pengaplikasian media ajar edukasi bencana kepada siswa di sekolah masing-masing guru dan pemberian simulasi bencana pada siswa. Hasil: Setelah kegiatan dilakukan, guru meunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru dan siswa sekolah dasar di Kecamatan Paku Haji dalam mitigasi bencana. Untuk sampai pada kondisi siap menghadapi bencana, masih banyak hal yang perlu dilakukan, seperti mengelola sampah dan edukasi tentang perubahan iklim. Kesimpulan: Berdasarkan kegiatan yang dilakukan guru mendapatkan pemahaman baru tentang bencana, bahwa bencana dapat diminimalisir dampak kerugian dan kerusakanya, serta siswa mengetahui respon yang tepat saat bencana datang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...