Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 2 (2024)

Desain Portofolio dan Kontek Kreator Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Siswa SMA Negeri 1 Gowa

Suryani, Suryani (Unknown)
Nurlindasari Tamsir (Unknown)
Abdul Rauf (Unknown)
Suci Rahma Dani Rachman (Unknown)
Samsu Alam (Unknown)
Aprizal (Unknown)
Muh. Syahlan Natsir (Unknown)
Andi Irmayana (Unknown)
Thabrani R (Unknown)
Muhardi (Unknown)
Asrul Syam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Background: Setiap siswa khususnya siswa sekolah menengah atas (SMA) kelas XII memiliki keresahan dalam menghadapi puncak masa sekolah, mengerjakan tugas, mempersiapkan dokumen portofolio, membuat konten dan lain sebagainya. Dokumen tersebut mendukung proses belajar di sekolah, mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan bahkan tidak sedikit yang mempersiapkan diri sejak dini untuk melamar pekerjaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pelatihan dan pendampingan kepada siswa dalam meningkatkan skill penggunaan aplikasi CANVA. Metode: PKM dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gowa yang diikuti oleh 26 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas XII. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM yaitu ceramah, pelatihan dan advokasi. Hasil: 92,3 % peserta dapat memahami pemanfaatan aplikasi CANVA di berbagai kebutuhan dan mampu mengimplementasikan serta membuat portofolio dan konten sebagai hasil peningkatan kreatifitas penguasaan TIK pada aplikasi CANVA. Kesimpulan: Pelatihan dan pendampingan desain portofolio dan konten kreator meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap aplikasi CANVA di berbagai kebutuhan seperti membuat portofolio, presentasi, media sosial konten, poster, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...