Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (3)

Penguatan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendukung Diseminasi Peningkatan Nilai-Nilai Moral Siswa pada Jenjang SMP IT Al Kautsar Batam

Yuswita, Desi (Unknown)
Halim, Abdul (Unknown)
Sumianti, Sumianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Profesionalisme guru merupakan jembatan awal untuk melahirkan generasi yang cemerlang dimasa yang akan datang, guru bukan hanya sekedar mendidik dan mengajar di kelas namun juga memiliki tugas utama untuk membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Minimnya profesionalitas guru dapat berimplikasi terhadap diseminasi peningkatan nilai moral di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meganalisa implikasi profesionalitas guru PAI dalam mendukung diseminasi peningkatan nilai-nilai moral dan faktor yang mendukung dan menghambat Diseminasi Peningkatan Nilai-Nilai Moral Siswa Di SMP IT Al-Kautsar Kecamatan Nongsa Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan studi lapangan yang tergolong penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengambilan sampel yakni sampling snowball dan Proposive Sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru profesional di SMP IT Al Kautsar Kecamatan Nongsa Kota Batam dapat dilihat dari standarisasi sertifikasi guru dan dapat ditinjau dengan menjadikan dirinya sebagai teladan bagi siswa dalam mengajar dengan menerapkan nilai moral dalam dirinya sebelum mengajarkan nilai moral kepada siswa. Implikasi dari standarisasi guru profesional tersebut melahirkan siswa yang memiliki keteladanan, memiliki sikap sopan santun, saling menghargai sesama, dan siswa mampu menerapkan adab bertamu, makan berbicara dengan teman sebaya, orang yang lebih muda dan lebih tua serta mencipktakan kondisi sekolah yang berkeadaban. Adapun Faktor yang mendukung diseminasi peningkatan nilai moral seperti ketersediaan sarana dan prasarana belajar seperti masjid atau mushallah, fasilitas kelas yang memadai, dukungan orang tua siswa. Sedangkan, faktor penghambat diseminasi peningkatan nilai moral dan siswa ialah lingkungan dan hubungan orang tua dan anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...