Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (3)

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Multi Intelegensi di SMP Swasta Nurul Jadid Batam

Sukmawati, Siti (Unknown)
Halim, Abdul (Unknown)
Beddu, Muhammad Juni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2024

Abstract

Pendidikan perlu mendorong pengembangan semua aspek potensi manusia. Menanamkan cita-cita Islam pada siswa adalah salah satu tujuan utama pendidikan agama Islam, selain memberikan pengetahuan tentang ilmu-ilmu Islam. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Nurul Jadid Batam meningkatkan kecerdasan multi-intelektual mereka. Penelitian ini merupakan studi kualitatif lapangan. Lokasi penelitian ini berada di Sekolah Menengah Pertama Swasta Nurul Jadid Kota Batam. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan Islam Nurul Jadid Batam untuk meningkatkan multi kecerdasan siswa telah berdampak besar pada perkembangan multi kecerdasan pada siswa. Metode ini meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, dan banyak lagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...