Penelitian ini didasari oleh hasil analisis masalah dalam pembelajaran matematika yang telah dilaksanakan di Sekolah Menengah Agama Kristen (SMAK) Mekar Lauri, dimana ditemukan permasalahan, yaitu: 1) rendahnya kemampuan literasi matematika siswa dan 2) rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui taraf kemampuan berpikir kritis siswa, 2) mengetahui taraf penguasaan literasi matematika siswa, serta 3) mengetahui apakah terdapat  korelasi antara penguasaan literasi matematika dengan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengumplan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data penguasaan literasi matematika siswa dan tes diberikan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Dilihat dari hasil eksplorasi terlihat bahwa: 1) kemampuan literasi matematika siswa berada pada klasifikasi sedang dengan presentasi sebesar 88%, 2) kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kelas tinggi dengan total menunjukkan sebesar 92% dan 3) terdapat korelasi positif antara penguasaan literasi matematika dengan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan korelasi Pearson bernilai 0,668 sehingga terdapat korelasi kuat. Oleh sebab itu, bisa disimpulkan tolak  serta terima  yang berarti “terdapat korelasi antara penguasaan literasi matematika dengan kemampuan berpikir kritis”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024