Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (3)

Meningkatkan Karakter Siswi Muslimah melalui Program Keputrian pada Pembelajaran PAI di SMK IT Darurahman 01 Boarding School Batam

Nurlatifah, Nurlatifah (Unknown)
Halim, Abdul (Unknown)
Sumianti, Sumianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Program Keputrian dalam meningkatkan karakter siswi muslimah pada mata pelajaran Agama Islam di SMK IT Darussalam 01 Boarding School Kota Batam. Program Keputrian merupakan inisiatif yang dirancang untuk memperkuat nilai-nilai keislaman, etika, dan moral serta memotivasi siswi dalam meraih prestasi akademik yang lebih baik melalui berbagai kegiatan keagamaan dan pembelajaran berbasis karakter. Metode penelitian ini merupakan studi kasus, teknik penelitiannya bersifat kualitatif dan meliputi analisis dokumen, wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Keputrian memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan karakter siswi, seperti kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Temuan ini mengindikasikan bahwa program Keputrian dapat menjadi model pembinaan karakter yang efektif jika diterapkan dengan baik dan berkesinambungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...