JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 2 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematika SD

Rifana Intan Fauziyah (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Wulan Sutriyani (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Erna Zumrotun (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Hasil belajar yang buruk pada pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 6 Bulungan disebabkan oleh fakta bahwa siswa tidak mencapai hasil yang optimal saat menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Tujuan penelitian guna menemukan fakta seberapa efektif model pengajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL) yang dibantu media realia pada hasil belajar matematika SD. Pengkajian ini berpendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan desain pre-eskperimen dengan tipe One Grup Pretest Posttest. Penelitian berlokasi di SD Negeri 6 Bulungan tepatnya berapa di Kec Pakis Aji, Kab Jepara. Studi ini melibatkan 19 siswa dari kelas IV SD Negeri 6 Bulungan, yang mencakup 10 perempuan serta 9 laki-laki. Penghimpunan data menggunakan soal ujian. Hasil pretest serta posttest siswa diambil untuk analisa data, kemudian dianalisis dengan data validitas dan uji hipotesis dari pengujian t bertaraf sign 0,05. Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar untuk pretest sejumlah 55,2 kemudian untuk post-test sejumlah 76,1. Dengan nilai df = 18, sign 0,05/2 = 0,025, serta t-hitung -9,735, menunjukkan bahwa nilai negatif mungkin merupakan nilai positif, diperoleh hasil 2,101. Dapat ditarik simpulan bila hasil belajar murid kelas IV pada pembelajaran matematika materi pecahan di SD Negeri 6 Bulungan dipengaruhi oleh efektivitas model contextual teaching and learning (CTL) bermedia realia. Selain itu, dibuat simpulan bila terdapat perbandingan antar pemakaian model CTL serta CTL.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...