ANIMATOR
Vol. 2 No. 2 (2024): Volume 2 Number 2 Tahun 2024

Implementasi Logika Fuzzy Dalam Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Ruangan Pemeliharaan Ayam Berbasis Internet Of Things

Rifki Muhammadi (Unknown)
Statiswaty (Unknown)
Subardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2024

Abstract

Peternakan merupakan mata pencaharian penting di Indonesia, umumnya dilakukan secara tradisional. Permasalahan yang sering dialami peternak adalah kondisi kandang yang tidak ideal yang merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan produksi peternakan. Kondisi kandang ayam ideal yang bertujuan membuat keadaan ayam agar terhidar ayam terkena stres dan penyakit. Untuk membantu para peternak dalam melakukan pemantauan diperlukannya teknologi dalam memeriksa keadaan kandang ayam. Alat pemantauan kondisi kandang ayan berbasis android bertujuan untuk membantu peternak dalam mengawasi dan memantau kondisi suhu kelembaban dan gas amonia pada kandang ayam. Untuk mendeteksi suhu serta kelembaban digunakan sensor DHT11 dan untuk mengetahui kondisi gas amonia pada kandang ayan digunakan sensor MQ-135. Dalam Penerapan fuzzyvikasi dilakukan pemantauan suhu kelembaban dan gas amonia untuk pemantauan secara real time dengan tingkat akurasi dan efisien yang baik. Perancangan sistem monitoring kandang ayam dengan memanfaatkan sensor DHT11 dan MQ-135 dari hasil pengujian yang telah didapat, Sistem monitoring kandang ayam dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu sensor DHT11 mendeteksi suhu serta kelembaban dan MQ-135 dapat mendeteksi gas amonia dan dapat mengatur kecepatan kipas dan tingkat kecerahan lampu Hal tersebut membuktikan bahwa dapat memadukan kondisi kandang meskipun pengguna berada di rumah atau berapa di luar rumah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Tujuan jurnal merupakan wadah publikasi hasil penelitian mahasiswa dan dosen di dalam maupaun di luar universitas Halu Oleo. Lingkup Jurnal yaitu terkait Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Kecerdasan Buatan, Sistem Informasi dan berbagai topik terkait ...