Kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan pada sebagian besar Madrasah Ibtidaiyah.Pembelajaran dengan model berbasis proyek, juga dikenal sebagai pembelajaran dengan Project Based Learning yang termasuk salah satu yang menjadi pilar utama dari pada kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan elemen manajemen yang terjadi dalam model pembelajaran berbasis proyek pada kurikulum merdeka belajar di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan data nyata, dengan cara melakukan wawancara terhadap kepala yayasan, waka kurikulum, 2 guru kelas, dan 2 guru mapel.. Langkah pertama penelitian adalah mempelajari literatur tentang kualitas lembaga Madrasah Ibtidaiyah, khususnya tentang cara manajemen pembelajaran berbasis proyek dilakukan di lembaga tersebut. Selanjutnya, peneliti akan menganalisis elemen yang diharapkan untuk mengidentifikasi fitur secara menyeluruh dan menemukan masalah tentang pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yakni pada bulan Juni-Juli 2024. Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Leces melaksanakan pembelajaran berbasis proyek pada kurikulum merdeka selama satu tahun dengan cukup baik. Ini terbukti baik dalam hal perencanaan dan pelaksanaan.
Copyrights © 2024