Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 7 No 2 (2023)

Kearifan Lokal Masyarakat Desa Batu Berian dalam Strategi Konservasi Sumber Daya Laut Sebagai Sumber Belajar Biologi

Kabani, Rana (Unknown)
Setiadi, Anandita Eka (Unknown)
Sunandar, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Kearifan lokal dalam strategi konservasi sumber daya laut merupakan kegiatan masyarakat dalam menjaga ekosistem laut. Beberapa kearifan lokal masyarakat di desa Batu Berian berhubungan dengan strategi konservasi sumber daya laut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kearifan lokal masyarakat desa Batu Berian dalam strategi konservasi sumber daya laut yang dapat dijadikan sumber belajar pada materi Biologi. Penelitian  menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian kearifan lokal masyarakat desa Batu Berian dalam strategi konservasi sumber daya laut terdiri atas 6 pantangan yaitu, tundok kuali, buang air besar dan kecil sembarangan, buang ketupang di malam hari, merusak bakau, tujoh pangsek pakai besi, dan nyelup pinggon setelah makan di laut. Potensi kearifan lokal masyarakat desa Batu Berian  sesuai dengan materi pokok SMP kelas VII dan SMA kelas X yaitu materi pencemaran lingkungan dan perusakan lingkungan. Berdasarkan aspek kejelasan potensi, kesesuaian dengan tujuan,  kejelasan sasaran, kejelasan informasi yang diungkap, kejelasan pedoman eksplorasi, dan kejelasan perolehan yang diharapkan menunjukkan bahwa kearifan lokal masyarakat desa Batu Berian dalam strategi konservasi sumber daya laut mendapat kategori sangat baik sebagai sumber belajar dengan skor rata-rata persentase per aspek yaitu 98,33%. Disimpulkan, secara keseluruhan bahwa kearifan lokal masyarakat desa Batu Berian memiliki potensi sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...