Pelayanan publik yang dijalankan oleh pemerintah dan diberikan langsung kepada masyarakat telah menjadi sorotan dan topik strategis yang memaksa semua pihak untuk melakukan evaluasi, monitoring dan melakukan kontrol sosial. Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar adalah perusahaan umum daerah yang dikelola dan dijalankan oleh pemerintah Kota Makassar. Kewenangan dan tugas PDAM adalah memenuhi ketersediaan air bersih bagi warga Kota Makassar. Masalah utama yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pelayanan publik yang diberikan oleh PDAM Kota Makassar terhadap pelanggan yang memakai layanan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode servqual dengan teknik perhitungan data menggunakan metode Importance and Satisfaction Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian dilihat dari variabel tangible, keandalan, daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan variabel empati (empathy) menunjukkan kualitas layanan dengan kategori baik. Sedangkan untuk variabel tingkat kepercayaannya menunjukkan hasil sangat penting.
Copyrights © 2024