KOPEMAS
Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020

BIMBINGAN TEKNIS DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI KABUPATEN MALANG

Bagus Kristomoyo Kristanto (STIKI Malang)
Evy Poerbaningtyas (STIKI Malang)
Siti Aminah (STIKI Malang)
Rakhmad Maulidi (STIKI Malang)
Arif Tirtana (STIKI Malang)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2021

Abstract

Perkembangan teknologi dan dunia digital saat ini memberikan banyak peluang usaha bagi UMKM khususnya di Kabupaten Malang. Dalam perkembangannya, jumlah pengguna gawai tercatat lebih dari 300 juta pengguna, menjadikan sebuah kesempatan bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka. Mengetahui tentang digital marketing menjadi salah satu cara bagi UMKM untuk dapat memperluas usaha mereka. Bimbingan teknis digital marketing diberikan kepada lebih dari 500 umkm di kabupaten dalam kurun waktu 2-3 bulan. Dalam bimbingan teknis ini, peserta dibekali informasi mengapa perlu pindah ke pemasaran secara online dan bagaimana melakukan pemasaran secara daring (online) menggunakan layanan yang tersedia secara digital. Bimbingan teknis ini mengajak para umkm untuk menggunakan layanan-layanan digital seperti media sosial, penggunan google trends untuk mengetahui apa saja yang sedang dibicarakan di masyarakat, dan marketplace dalam menjual produk mereka. Dari kuisioner yang disebarkan kepada peserta, sekitar 72% UMKM sudah menggunakan layanan berbagi pesan untuk menjual produk mereka, sayangnya penjualan masih fokus pada satu daerah mereka saja. 73% UMKM merasa terbantu setelah mengikuti bimbingan teknis digital marketing sehingga mereka dapat memperluas pemasaran mereka menggunakan media sosial dan marketplace.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KOPEMAS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) adalah prosiding untuk memuat artikel ilmiah yang telah diseminarkan. KOPEMAS merupakan seminar nasional tahunan yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam ...