SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Modul Multimedia Berbasis Guided Inquiry untuk Literasi Sastra Kelas IV SD

Dyah Ayu Setyo Pramesti (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)
Cerianing Putri Pratiwi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan sasaran penelitian dan diwujudkan dalam bentuk modul multimedia berbasis guided inquiry untuk literasi sastra. Jenis penelitian ini adalah R & D dan metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Addie yang terdiri dari (analyse, design, develop, implement, dan evaluate). Sampel dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya; wawancara, observasi, dan angket atau kuisioner. Uji validitas modul multimedia dilakukan oleh validator ahli yakni ahli media dan ahli materi. Hasil total skor dari uji kelayakan produk mendapatkan skor 81% yang dapat dikategorikan “sangat layak”. Modul multimedia sangat layak dan valid digunakan sebagai sarana pembelajaran bahasa Indonesia serta mampu memfasilitasi peserta didik dengan bacaan literasi sastra yang dapat digunakan secara mandiri

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...