Jurnal Ekonomi Bisnis Digital
Vol 1 No 2 (2022): Research Article Volume 1 Issue 2 July 2022

Pengaruh Brand Trust terhadap EWOM Refferal Melalui Purchase Decision (Pada Industri Salon Kecantikan di Kota Medan)

Annisa Nur Fadhilah (UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)
H.M Hermansyur (UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)
Bagus Handoko (UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the effect of brand trust on eWOM referrals through purchasing decisions. The population in this study were 100 respondents from Safa Salon Hair Style and Body Spa in Medan City. The analytical technique used is path analysis. The results showed that brand trust had a positive and significant effect on eWOM referrals mediated by purchasing decisions. Keywords: Brand Trust, Purchase Decision, and Ewom referral ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust terhadap ewom refferal melalui purchase decision. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 responden dari Safa Salon Hair Style and Body Spa di Kota Medan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap ewom refferal yang dimediasi oleh purchase decision. Kata Kunci: Brand Trust, Purchase Decision, Ewom referral PENDAHULUAN Perkembangan ekonomi, teknologi, budaya, dan gaya hidup di era globalisasi yang semakin pesat seiring berjalannya waktu menimbulkan persaingan dalam berbagai bidang, terlebih dalam perekonomian yang tumbuh dengan sangat pesat. Tuntutan untuk bisa memberikan penampilan terbaik membuat masyarakat semakin peduli dengan masalah ini terutama bagi kaum wanita. Secara lahiriah, wanita selalu ingin tampil cantik. Beragam cara yang akan dilakukan untuk tetap tampil cantik salah satunya dengan melakukan perawatan kecantikan. Kebutuhan wanita terhadap fasilitas kecantikan sekarang ini terus meningkat, karena wanita sudah menyadari begitu pentingnya kesehatan tubuh dan merawatnya agar terlihat cantik dan sehat. Banyak tempat yang menawarkan perawatan kecantikan, mulai dari salon-salon kecil hingga klinik-klinik kecantikan mewah. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Konsumen juga menjadi semakin selektif dalam memilih tempat perawatan kecantikan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal inilah yang membuat bisnis ini menjadi semakin kompetitif (Apriliani dan Edwar, 2015).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebidi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Digital adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital JEBIDI terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan Nopember. JEBIDI bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis digital yang ...