Analisis mutu pelayanan radiologi pada kepuasan pasien rawat jalan di instalasi radiologi Rumah Sakit X di Padang pada tahun 2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase tingkat kepuasan pasien berdasarkan standar Kementerian Kesehatan di instalasi radiologi pusat radiologi Rumah Sakit X di Padang. Tingkat kepuasan pasien pada penelitian ini dilihat dari 5 dimensi kualitas, yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik.Penelitian ini dilakukan di Instalasi Radiologi radiologi Rumah Sakit X di Padang pada bulan Juli 2023 menggunakan data pasien pada bulan Oktober - Desember 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode SPSS. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan berumur 17-54 tahun yang melakukan pemeriksaan di Instalasi radiologi rumah sakit X di Padang. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling, yaitu menggunakan sampling aksidental berjumlah 93 orang.Indikator dimensi mutu pelayanan yang paling tinggi adalah dimensi bukti fisik (tangibles) sebesar 82,8%, yaitu kepuasan pasien terhadap kebersihan, kerapian, kenyamanan, fasilitas, dan peralatan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit X di Padang. Sedangkan indikator dimensi mutu pelayanan persentase yang paling rendah adalah dimensi ketanggapan (responsiveness) sebesar 53,8%, yaitu kemampuan dan komunikasi petugas dalam menanggapi keluhan pasien pada saat dibutuhkan, serta interaksi petugas radiologi terhadap pasien mulai dari penerimaan pasien sampai pemeriksaan selesai.
Copyrights © 2024