K3 merupakan salah satu perlindungan tenaga kerja di segala jenis kegiatan usaha baik sector formal maupun informal.  Bentuk upaya untuk mendekatkan dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan pada usaha sektor informal ialah dengan adanya Pos UKK. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya K3 dan penerapan prinsip K3 serta mengoptimalkan peran Pos UKK dalam rangka mengembangkan Budaya K3 pada pekerja sektor informal di Kabupaten Kudus. Metode pengabdian masyarakat dalam kegiatan ini dalam bentuk Pelatihan. Pelaksanaan kegiatan meliputi pelatihan, penyuluhan dan diskusi tentang pentingnya K3 dan penerapan prinsip-prinsip K3, Budaya K3, Pos UKK Terintegrasi, dan optimalisasi peran Pos UKK dalam rangka mengembangkan Budaya K3 pada pekerja sektor informal dengan jumlah peserta 45 orang. Hasil pengabdian menunjukan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah program optimalisasi peran Pos UKK di Kabupaten Kudus. Tingkat Pengetahuan dengan kategori baik sebelum pelatihan dengan prosentase 62,3% meningkat dengan tingkat pengetahuan sesudah pelatihan kategori baik dengan prosentase 84,4%. Kegiatan pengabdian masyarakat tentang optimalisasi peran Pos UKK berlangsung sangat efektif. Optimalisasi Peran Pos UKK penting dilakukan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk meminimalkan faktor risiko ditempat kerja, sehingga akan tumbuh kesadaran dan Budaya K3 pada masyarakat pekerja sektor informal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024