Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Vol. 5 (2024): Transformasi Pendidikan Profesi Guru Dalam Harmoni Dengan Konsorsium Pendidikan Daera

Implementasi Cultural Responsive Teaching (CRT) Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN 027 Samarinda Ulu

Eliya, Eliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 027 Samarinda Ulu, dengan fokus pada peningkatan minat dan keterlibatan siswa. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, di mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes formatif, dan refleksi dari siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam partisipasi siswa, dengan 73,33% siswa terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan 60% siswa menunjukkan keterlibatan yang sangat baik selama kegiatan pembelajaran. Selain itu, tes formatif menunjukkan bahwa 70% siswa memperoleh nilai baik, mencerminkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat memberikan dampak positif terhadap minat belajar dan keterlibatan siswa, serta pemahaman materi yang lebih baik. Disarankan agar guru terus menerapkan pendekatan responsif terhadap budaya dalam pembelajaran, serta memperkuat kolaborasi dengan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnasppg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman Prosiding dengan e-ISSN 2829 - 3541 (media online) berisi kumpulan makalah hasil-hasil penelitian yang telah lolos seleksi oleh tim reviewer dalam Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru call for paper yang diselenggarakan secara rutin setiap ...