Wisuda sarjana srata 1 Universitas Syiah Kuala pada periode ke empat tahun 2019 merupakan wisuda dengan lulusan Pujian terbanyak sejauh ini di Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Penelitian ini bertujuan mengetahui gaya belajar yang dominan yaitu gaya belajajar auditorial, visual, atau kinestik dan faktor-faktor pendorong mahasiswa berprestasi pada Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga kosentrasi Tata Busana, faktor-faktor yang diteliti adalah faktor internal berupa kondisi Fisiologis, minat, intelegensi dan motivasi dan faktor eksternal berupa Lingkungan sosial keluarga serta teman sejawat, kurikulum dan fasilitas di rumah dan di Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan teknik purposive sampling, kriteria yang ditentukan adalah predikat pujian. Pada penelitian ini peneliti menemukan setiap subjek memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, setiap subjek tetap dapat menyerap informasi yang diberikan di kelas walaupun kurang sesuai dengan gaya belajarnya. Minat serta pandangan subjek mengenai pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi subjek. Subjek dengan minat dan pandangan yang postif terhadap pendidikan di Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga memiliki prestasi yang lebih bagus. Sedangkan faktor eksternal yang paling berpengaruh adalah dukungan dari keluarga karena dengan adanya dukungan dari keluarga kemudahan dari segi fasilitas juga ikut tercapai. Subjek yang dengan kebutuhan berprestasi yang tinggi memiliki minat yang lebih tinggi serta tidak membutuhkan banyak dukungan moral dari teman sejawat.Kata kunci: gaya belajar, mahasiswa, predikat pujian
Copyrights © 2020