Pola pengasuhan merupakan interaksi antara orang tua dan anak. Interaksi yang dimaksud adalah cara orang tua mendidik, membimbing, melindungi anak untuk mencapai kedewasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengasuhan yang diterapkan orang tua bagi anak yang berprestasi di SMP Negeri 6 Banda Aceh, dan upaya orang tua dalam menunjang prestasi anak di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Responden terdiri atas 10 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pola pengasuhan yang diterapkan bersifat otoritatif dimana orang tua memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi dan memberi pendapat mengenai berbagai hal sesuai dengan kemampuan anak dengan batasan, pengawasan dan kendali pada tindakan anak. Namun ada juga yang bersifat otoritarian dimana orang tua bersikap tegas kepada anak. Upaya orang tua dalam menunjang prestasi anak dengan cara selalu menyempatkan waktu untuk mendampingi anak belajar, memotivasi anak untuk perkembagan belajar, menyedikan fasilitas belajar, membuat jadwal belajar, menjaga pola makan yang sehat dan bergizi. Simpulan pola pengasuhan keluarga tidaklah sama satu dengan yang lain hal ini dipengaruhi oleh latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Orang tua menerapkan kedisiplinan, menjadi teladan bagi anak-anaknya, menjaga komunikasi, memberi kasih sayang, serta memberikan penghargaan, dan pengawasan terhadap anak.. Disarankan, dalam menerapakan pola pengasuhan hendaknya orang tua dapat menerapkan pola pengasuhan yang humanis dan cenderung kearah otoritatif. Bagi sekolah dapat berkerja sama dengan orang tua agar prestasi anak di sekolah lebih optimal.Kata Kunci: Pola Pengasuhan Orang Tua, Anak Berprertasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016