Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN

Alisa Kusuma wardani (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Farah Jauzaa Amelya (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas lima di DesaBanyuurip Tegalrejo dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan oleh peniliti adalah PenilitianTindakan Kelas (PTK). Instrument yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda sebanyak 20 soal.Tempat penelitian di Desa Banyuurip Tegalrejo. Subjekpenelitian adalah 10 siswa kelas 5.BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandariPenilaianTindakanKelas(PTK)dapatdisimpulkan bahwa pada siklus I belum mencapai ketuntasan yang baik. Adapun hasilnya dari dataawal siswa belum mencukupi jumlah rata-rata, pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak40% dengan rata-rata 72,5 dan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 90% dengan rata-rata 87, sehingga peningkatan siswa yang mencapai KKM sebanyak 50%. Dari hasil tersebutmenunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam penelitian ini sangat berpengaruhterhadap peningkatan hasil belajar IPA

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...