Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi yang dilakukan oleh peserta didik dengan lingkungan belajarnya yang di koordinasikan oleh guru. Pada usia anak pendidikan sekolah dasar masih memiliki pola pikir yang operasional konkret dan holistic, oleh sebab itu pembelajaran harus dilakukan secara terpadu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana motivasi belajar siswa dan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran tematik di kelas 4 SDN 4 Kutukan. Peineilitian ini meingguinakan peineilitian kuialitatif, menggunakan lembar observasi, serta pedoman wawancara. Peneliti menggunakan validasi data untuk memperkuat ketepatan antara data yang dilaporkan peneliti dengan data yang terjadi pada obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Motivasi belajar siswa kelas 4 SDN 4 Kutukan sudah sangat baik, (2) Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung guru kelas 4 SDN 4 Kutukan selalu berusaha menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik, (3) motivasi belajar siswa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu cita-cita, kemampuan belajar siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas, unsur-unsur dinamis dalam belajar, dan upaya guru membelajarkan pelajaran, (4) terdapat beperapa siswa yang kurang memiliki motivasi belajar hal ini terlihat saat kegiatan pembelajaran siswa kurang memiliki kemampuan belajar
Copyrights © 2024