Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Meningkatkan Kepercayaan Diri dengan Metode Bercerita pada Siswa MI Muhammadiyah 2 Rambeanak

Harwin Dwi Lestari (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Sintia Amanda Rahayu (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Rifda Salwa A Iyanita (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Umy Khafifah (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan percaya diri anak melalui metode bercerita pada siswa sekolah dasar di MI Muhammadiyah 2 Rambeanak. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah model penelitian yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah 2 Rambeanak Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah seluruh siswa yang dijadikan Author Surname 2 subjek dalam penelitian adalah 10 siswa kelas 5 yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Adapun instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah angket. Hasil analisa data menunjukkan bahwa rata – rata aktivitas peningkatan percaya diri anak pada siklus satu yaitu sebesar 70,7 dan pada siklus kedua diperoleh rata-rata 78,5 artinya bahwa metode bercerita untuk meningkatkan percaya diri siswa yang dilakukan pada siklus dua mengalami peningkatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...