Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana penggunaan media scrapbook berdampak pada minat belajar peserta didik dalam pelajaran tematik di kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Eksperimen kuasi, atau eksperimen semu, dilakukan pada dua sekolah dasar kelas 2 dengan perlakuan yang berbeda. SDN Sidomulyo 01 menggunakan media scrapbook untuk kelas eksperimen dan SDN Sambirejo 01 menggunakan media papan multifungsi untuk kelas kontrol. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, tiga puluh peserta didik dijadikan sampel. Lembar observasi dan kuesioner, atau angket digunakan untuk mengumpulkan data. Pengolahan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung (3,869) lebih besar dari ttabel (2,131), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi terdapat pengaruh media scrapbook terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas II sekolah dasar.
Copyrights © 2023