Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media berbasis kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD Swasta Yaspi Ar-Ridha Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Ar-Ridha Medan yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan boring sampling dan sampel sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media berbasis kartu bilangan termasuk kategori baik dengan rata-rata 78,93. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi hasil belajar adalah Lhitung < Ltabel yaitu 0,095> 0,161 berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansi dari hasil belajar berdistribusi normal. Pada pengujian korelasi, nilai koefisien sebesar 0,799 artinya r hitung>r tabel 0,361 maka terdapat pengaruh yang kuat antara media kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan senilai di kelas IV SD Swasta Yaspi Ar-Ridha Medan. Hasil pengujian uji-t dimana thitung>ttabel yaitu 7,026>1,701 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh media pembelajaran berbasis kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD Swasta Yaspi Ar-Ridha Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022