Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa tematik kelas V sekolah dasar

Septi Dyah Arum (Universitas PGRI Madiun)
Sri Lestari (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Model pembelajaran menjadi faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Pada penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik tentang pentingnya udara bersih bagi kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan jenis nonequivalent control group design. Pada penelitian ini melibatkan kelas kontrol dan eksperimen yaitu kelas VA dan VB dengan jumlah seluruh 28 siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil t-test signifikan 5% (0,05) di peroleh t h hitung (3,871) > t tabel (2,110). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menerapkan model PBL sangat berpengaruh pada pembelajaran dengan skor maksimal 97,5 dan skor minimum 65 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 86.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...