Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media komik pada siswa kelas IV di SDN 02. Desain penelitian ini yaitu one group pretest-protest design. Sampel penelitian yaitu sample jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan instrumen tes objektif (pilihan ganda). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji-t. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor keterampilan membaca pemahaman siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media komik sebesar 54,16 untuk nilai pretest dan setelah diberikan treatment nilai siswa lebih tinggi yaitu sebesar 86,5 untuk nilai posttestnya. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa P Value two-tail < Sig 0,05 yaitu 0,000000000000000025 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dengan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 02 Josenan.
Copyrights © 2024