Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Gambaran Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Rista Dwi Febrianti (Universitas PGRI Madiun)
Eka Nofri Ari Yanto (Universitas PGRI Madiun)
Suyanti Suyanti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Keterampilan menyimak memiliki pengaruh besar terhadap pemahaman dan komunikasi siswa, keterampilan ini sering kali kurang diperhatikan. Seiring dengan kemajuan teknologi, penggunaan media audiovisual menjadi pilihan yang menarik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa sekolah dasar. Keterampilan mendengarkan adalah komponen penting dalam pembelajaran bahasa yang sering diabaikan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat keterampilan mendengarkan siswa sebelum dan sesudah penggunaan media audiovisual dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimental di SDN 01 Nambangan Kidul. Pertama, pre-test dilakukan untuk mengukur tingkat awal keterampilan mendengarkan siswa. Siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok; satu kelompok menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran, sedangkan kelompok lainnya tidak. Setelah periode tertentu, post-test dilakukan untuk mengevaluasi perubahan keterampilan mendengarkan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan mendengarkan siswa yang menggunakan media audiovisual dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media audiovisual dapat secara efektif meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa sekolah dasar. Implikasi penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...