Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa tema perubahan wujud benda kelas 3 SDN 02 Mojorejo

Dito Mei Triono (Universitas PGRI Madiun)
Nur Samsiyah (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Pop-Up Book berdampak pada hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan metode eksperimen query dan hanya menggunakan post-test control group design. Peneliti mengumpulkan data, menetapkan pedoman, dan melakukan post-test. Materi dan tes hasil belajar pilihan ganda digunakan. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan tes pada mata pelajaran transformasi kelas III SDN 02 Mojorejo Kota Madiun pada kelas eksperimen adalah 76 dan rata-ratanya adalah 51,6. Analisis data kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji-t diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,996 dan t-array pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,060 sehingga t-hitung > t-array. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Pop-Up Book berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 mata pelajaran Object Shapeshifting SDN 02 Mojorejo kota Madiun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...