Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Pop-Up Book berdampak pada hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan metode eksperimen query dan hanya menggunakan post-test control group design. Peneliti mengumpulkan data, menetapkan pedoman, dan melakukan post-test. Materi dan tes hasil belajar pilihan ganda digunakan. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan tes pada mata pelajaran transformasi kelas III SDN 02 Mojorejo Kota Madiun pada kelas eksperimen adalah 76 dan rata-ratanya adalah 51,6. Analisis data kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji-t diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,996 dan t-array pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,060 sehingga t-hitung > t-array. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Pop-Up Book berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 mata pelajaran Object Shapeshifting SDN 02 Mojorejo kota Madiun.
Copyrights © 2023