Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Pengaruh Penggunaan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Media QR Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Ngegong

Tasya Muarifah (Universitas PGRI Madiun)
Apri Kartikasari (Universitas PGRI Madiun)
Dian Nur Antika Eky Hastuti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Berdasarkan hasil data analisis data kegiatan pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan dengan media QR Code untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngegong dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian ini berjalan dengan lancar dan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar terbukti dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar. Peningkatan hasil belajar diketahui dari perbandingan data pretest dan posttest. Rata rata nilai pretest adalah 65,35 dan rata rata nilai posttest adalah 71.72. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa meskipun peningkatannya tidak terlalu tinggi dari sebelum pemberian perlakuan dan setelah pemberian perlakuan. Perlakuan yang dimaksud adalah pembelajaran dengan model CTL (Contextual Teaching and Learning)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...