Kegiatan belajar mengajar terjadi adanya interaksi antara guru dan peserta didik, dengan tujuan pembelajaran peserta didik mampu memahami materi pembelajaran. Kesesuaian sekaligus inovasi dalam media perlu diperhatikan dalam kegiatan proses belajar mengajar sehingga peserta didik tidak akan jenuh dan mampu memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu augmented reality dengan materi indonesiaku kaya budaya pada pembelajaran IPAS kelas IV sesuai dengan kebutuhan peserta didik akan media pembelajaran dengan meningkatkan minat serta pemahaman. Penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan menerapkan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan kelas IV B SDN 04 Madiun Lor sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, validasi ahli materi , media, bahasa, angket respon guru, dan peserta didik. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan ahli materi rata-rata 86,8, ahli media memperoleh rata-rata 78,5, ahli bahasa nilai rata-rata 88,7 dikategorikan layak. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media kartu augmented reality dengan materi indonesiaku kaya budaya pada pembelajaran IPAS kelas IV layak digunakan di pembelajaran sekolah dasar dan mampu mencapai tujuan penelitian.
Copyrights © 2023