Tujuan pembelajaran berbahasa adalah untuk membuat siswa terampil berbahasa. Kemampuan untuk membaca,menulis,berbicara, dan mendengarkan adalah syarat untuk dianggap terampil berbahasa.merupakan keterampilan berbahasa ini dimana harus dimilik oleh setiap peserta didik haruslah melalui pelatihan dan latihan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media smart card (kartu pintar) dalam keterampilan pembelajaran menulis untuk memperbaiki ejaan dan menyunting paragraf kegiatan menyunting penting untuk dilakukan karena kegiatan ini dapat dijadikan modal utama untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis agar hasil maksimal. Penelitian ini juga akan mengeksplorasi agaimana penggunaan kartu pintar dapat memperluas jangkauan keterampilan untuk mencapai standar kompetensi.dalam kegiatan penelitian,Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari beberapa tahap: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi dalam kelas IV MI Thoriqul Huda, penggunaan smart card (kartu pintar) sebagai media pembejaran dapat meningkatkan kemampuan mengeja dan tanda baca pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91,6 % siswa dalam siklus II mampu dan berhasil menulis dan membaca sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan kartu pintar sebagai media pembejaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengeja dan tanda baca.
Copyrights © 2023