Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 2 (2020): Merdeka Belajar di Era New Normal

Efektivitas model pembelajaran pbl (problem based learning) terhadap hasil belajar IPA kelas III pada materi perubahan cuaca di SDN 02 Manisrejo kota Madiun tahun ajaran 2019/2020

Sinta Fitriani (Universitas PGRI Madiun)
Sri Budyartati (Universitas PGRI Madiun)
Tri Wahyuni Chasanatun (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2020

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan keefektifan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Perubahan Cuaca pada siswa kelas III di SDN 02 Manisrejo Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen denngan design penelitian True Experimental dengan jenis penelitian Design posttest Only Control design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SDN 02 Manisrejo Kota Madiun dengan total ada 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dari cara tersebut, diperoleh sampel yang berjumlah 20 siswa IIIA SDN 02 Manisrejo sebagai kelas eksperimen dan berjumlah 20 siswa IIIB SDN 02 Manisrejo sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis dengan skala liliefors

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...