Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle gambar untuk melatih kecerdasan visual-spasial pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas I SDN Pacing 2. Latar belakang penelitian ini adalah adanya siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial rendah dan kesulitan dalam menghafal gambar pengamalan sila Pancasila. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE. Proses pengembangan media puzzle gambar dilakukan melalui tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media pembelajaran sebagai validator. Kelayakan media puzzle gambar diperoleh dari angket respon guru dan siswa. Hasil dari validator ahli materi dengan persentase skor 80,00% yang termasuk dalam kriteria “cukup valid”. Validator ahli media pembelajaran dengan persentase skor 87,5% yang termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Respon penggunaan produk dari guru dan siswa dengan persentase 98,3% yang termasuk kariteria “sangat valid” dan 99,99% yang termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Media puzzle gambar yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, guru dan siswa dengan kategori "sangat baik".
Copyrights © 2024